Perintah lompat yang mengikuti perintah cmp
- Bukalah program CMD yang berfungsi sebagai tempat ujicoba program yang nanti akan kita buat, ketikan perintah
a. cd \
b. cd
1ca/asm
c. d:
atau
bisa lihat gambar di bawah ini :
- Buka lagi program cmd yang ke dua untuk melakukan pemrograman atau yang kita sebut coding, ketikan perintah
a. cd \
b. d:
c. cd
1ca/asm
d. edit
atau
bisa dilihan di bawah ini :
- Maka akan muncul program assembly, seperti gambar di bawah ini :
- Masukan kode program seperti gambar di bawah ini :
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h
TData: JMP
Proses
BilA DB 67
BilB DB 66
Kal0 DB 'Bilangan A lebih kecil dari bilangan B
$'
Kal1 DB 'Bilangan A sama dengan bilangan B $'
Kal2 DB 'Bilangan A lebih besar dari bilangan B $'
Proses:
MOV AL,BilA ; Masukkan bilangan A pada AL
CMP AL,BilB ; Bandingkan AL(BilA) dengan Bilangan
B
JB AKecil ; Jika BilA < BilB, lompat ke
AKecil
JE Sama ; Jika BilA = BilB, lompat ke Sama
JA ABesar ; Jika BilA > BilB, lompat ke
ABesar
Akecil:
LEA DX,Kal0 ;
Ambil offset Kal0
JMP Cetak ;
Lompat ke cetak
Sama:
LEA DX,Kal1 ;
Ambil offset Kal1
JMP Cetak ;
Lompat ke cetak
ABesar:
LEA DX,Kal2 ;
Ambil offset Kal2
Cetak:
MOV AH,09 ;
Servis untuk mencetak kalimat
INT 21h ;
Cetak kalimat !!
EXIT : INT
20h ; Kembali ke DOS.
END TData
- Sesudah memasukan kode program atau coding, save as file nya dengan format (.ASM)
- Buka CMD yang pertama untuk menguji program yang telah kita buat tadi, dengan mengetikan perintah :
a. TASM
(nama file) cth : TASM JMP.ASM -> untuk melihat apakah program yg kita buat
ada yang error dll.
b. tlink/t
JMP -> untuk membuat file objek ke bentuk file yang dapat di eksekusi
(EKTENSI .COM .EXE)
c. kemudian
untuk melihat karakter yang telah kira buat tinggal mengetikan nama file yang
kita buat tadi contoh (JMP) enter, maka
akan tampil karakter yg kita buat.
Seperti
di bawah ini :
Sekian dari saya cara membuat
karakter dalam program assembly J
Jika ingin data di atas silahkan klik link
ConversionConversion EmoticonEmoticon