Program
Sorot
1. Buka
Program Dosbox karna jika di jalankan di CMD printah rontok tidak akan
berjalan,
Ketikan printah
a. mount
d d:\1ca\asm
b. d:
2. Maka
akan muncul program assembly, seperti gambar di bawah Buka lagi program cmd
yang ke dua untuk melakukan pemrograman
atau yang kita sebut coding, ketikan
perintah
a. cd \
b. d:
c. cd
1ca/asm
d. edit
atau
bisa dilihat di bawah ini :
3. Maka
akan muncul program assembly, seperti gambar di bawah ini :
4.
Brikut kode program Sorot
DELAY MACRO
PUSH CX
XOR CX,CX
LOOP1:
LOOP LOOP1
POP CX
ENDM
GESER MACRO PosY
PUSH AX
PUSH BX
PUSH CX
XOR CX,CX
MOV AL,26
SUB AL,PosY
MOV CL,AL
LOOP2:
MOV AL,BYTE PTR ES:[BX]
MOV BYTE PTR ES: [BX+160], AL
HILANG:
MOV BYTE PTR ES:[BX],' '
DELAY
ADD BX,160
LOOP LOOP2
POP CX
POP BX
POP AX
ENDM
Cls MACRO ;
Macro untuk menghapus layar
MOV AX,0600h
XOR CX,CX
MOV DX,184Fh
MOV BH,10 ; Atribut Hijau diatas hitam
INT 10h
ENDM
GotoXY MACRO X,Y ;
Macro untuk memindahkan kursor
MOV AH,02
XOR BX,BX
MOV DH,Y
MOV DL,X
INT 10h
ENDM
SimpanL MACRO ; Macro untuk menyimpan seluruh
LOCAL Ulang ; isi
layar monitor
MOV AX,0B800h
MOV ES,AX
MOV CX,4000
XOR BX,BX
Ulang:
MOV AL,ES:[BX]
MOV Layar[BX],AL
INC BX
LOOP Ulang
ENDM
BalikL MACRO ; Macro
untuk mengembalikan semua
LOCAL Ulang ; isi
layar yang telah disimpan
MOV CX,4000
XOR BX,BX
Ulang:
MOV AL,Layar[BX]
MOV ES:[BX],AL
INC BX
LOOP Ulang
ENDM
Sorot MACRO X,Y ;
Macro untuk membuat sorotan
LOCAL Ulang ; pada
menu
MOV BL,Y
MOV AL,160
MUL BL
MOV BX,AX
MOV AL,X
MOV AH,2
MUL AH
ADD BX,AX
INC BX ; Alamat
warna pada posisi X,Y
MOV CX,20 ; Panjangnya sorotan
Ulang:
MOV BYTE PTR ES:[BX],4Fh ; Atribut sorotan
;
putih diatas merah
ADD BX,2
LOOP Ulang
ENDM
Readkey MACRO ; Macro untuk membaca masukan dari
MOV AH,00 ; keyboard.
INT 16h ; hasilnya
AH=Extended, AL=ASCII
ENDM
MenuL MACRO String ; Macro untuk mencetak menu
MOV AH,09
LEA DX,String
INT 21h
ENDM
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h
TData: JMP Proses
Layar DB 4000 DUP (?)
Menu DB 9,9,'+=============================+',13,10
DB 9,9,'|
>>> MENU SOROT <<<
|',13,10
DB 9,9,'+=============================+',13,10
DB 9,9,'| |',13,10
DB 9,9,'|
1. Cetak Karakter
|',13,10
DB 9,9,'|
2. Cetak Karakter warna
|',13,10
DB 9,9,'|
3. Rontok
|',13,10
DB 9,9,'|
4. Exit
|',13,10
DB 9,9,'| |',13,10
DB 9,9,'+=============================+$'
PosX DB 22 ;
Posisi kolom mula-mula
PosY DB 12 ;
Posisi baris mula-mula
Panah_Atas EQU 72 ; Kode tombol panah atas
Panah_Bawah EQU 80
; Kode tombolpanah bawah
TEnter EQU 0Dh ;
Kode tombol Enter
Proses :
Cls ; Hapus
layar
GotoXY 0 8 ; kursor = 0,8
MenuL Menu ; Gambar menu
SimpanL ; Simpan
isi layar
Ulang :
BalikL ; Tampilkan isi layar yang
; disimpan
Sorot PosX,PosY ; Sorot posisi X,Y
Masukan:
Readkey ; Baca
masukan dari keyboard
CMP AH,Panah_Bawah ; Panah bawah yang ditekan ?
JE Bawah ; Ya! lompat bawah
CMP AH,Panah_Atas ; Panah atas yang ditekan ?
JE CekY ; Ya, lompat CekY
CMP AL,TEnter ; Tombol enter yang ditekan ?
je pilihan
JNE Masukan ; Bukan, lompat ke ulangi
CekY :
CMP PosY,12 ; Apakah sorotan paling atas ?
JE MaxY ; Ya! lompat ke MaxY
DEC PosY ; Sorotkan ke atas
JMP Ulang ; Lompat ke ulang
MaxY :
MOV PosY,15 ; PosY=Sorotan paling bawah
JMP Ulang ; lompat ke ulang
Bawah :
CMP PosY,15 ; apakah sorotan paling bawah ?
JE NolY ; Ya! lompat ke NolY
INC PosY ; Sorotkan ke bawah
JMP Ulang ; Lompat ke ulang
NolY :
MOV PosY,12 ; Sorotan paling atas
JMP Ulang ; Lompat ke ulang
pilihan:cmp posy,12
je
huruf
cmp posy,13
je
warna
cmp posy,14
je
rontok
cmp
posy,15
jmp
SELESAI
huruf: cls
gotoxy 25 8
mov ah,02h
mov dl,'A'
mov cx,26
huruf2:
int 21h
add dl,1
loop huruf2
jmp Masukan
Warna: cls
gotoxy 25 10
mov ah,09h
mov bh,00h
mov bl,1
mov cx,26
repwarna:
int 10h
add bl,1
loop repwarna
mov ah,02h
mov dl,'A'
mov cx,26
repwarna2:
int 21h
loop repwarna2
jmp Masukan
rontok: JMP Prontok
Prontok:cls
gotoxy 25 12
mov ah,02h
mov dl,'A'
mov cx,26
huruf3:
int 21h
add dl,1
loop huruf3
mov ah,09h
mov bh,00h
mov bl,1
mov cx,26
repwarna1:
int 10h
add bl,1
loop repwarna1
mov ah,02h
mov dl,'A'
mov cx,26
repwarna3:
int 21h
loop repwarna3
MOV AX,0B800H
MOV ES,AX
MOV BX,3998
MOV CX,25
ULANGY:
MOV PosY,CL
PUSH CX
MOV CX,80
ULANGX:
CMP BYTE PTR ES:[BX],33
JB TdK
GESER PosY
TdK:
SUB BX,2
LOOP ULANGX
POP CX
LOOP ULANGY
jmp Selesai
Selesai:
INT 20h
END Tdata
5. Sesudah
memasukan kode program atau coding, save as file nya dengan format (.ASM)
6. Buka
DOSBOX untuk menguji program yang telah kita buat tadi, dengan mengetikan
perintah :
a. TASM
(nama file) cth : TASM sorot.ASM -> untuk melihat apakah program yg kita
buat ada yang error dll.
b. tlink/t
sorot-> untuk membuat file objek ke bentuk file yang dapat di eksekusi
(EKTENSI .COM .EXE)
c. kemudian
untuk melihat karakter yang telah kira buat tinggal mengetikan nama file yang
kita buat tadi contoh (sorot) enter,
maka akan tampil karakter yg kita buat.
Seperti
di bawah ini :
Jika ingin data di atas silahkan klik
DOWNLOAD
DOWNLOAD
ConversionConversion EmoticonEmoticon